Puluhan Prajurit TNI AD BKO Papua Barat Positif Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Puluhan Prajurit TNI AD BKO Papua Barat Positif Covid-19


JawaPos.com–Sebanyak 36 prajurit TNI Angkatan Darat yang akan bertugas di kodim persiapan di Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat, dan Tambrauw, dilaporkan positif virus korona jenis baru penyebab Covid-19.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat Arnoldus Tiniap seperti dilansir dari Antara di Manokwari mengatakan, hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan Papua Barat terdapat 36 prajurit TNI Angkatan Darat yang akan bertugas di provinsi tersebut positif Covid-19. Sesuai permintaan panglima kodam, 36 prajurit terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut sudah dikarantina di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Papua Barat di Manokwari.

Dia menjelaskan, prajurit TNI Angkatan Darat tersebut diketahui positif Covid-19 saat melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat ke tempat tugas. ”Pemerintah provinsi Papua Barat mengapresiasi upaya yang dilakukan Kodam XVIII/Kasuari dalam memutus mata rantai penyebaran virus korona di Papua Barat,” ujar Arnoldus Tiniap.

Sementara itu, Asisten Teritorial Kodam XVIII/ Kasuari Kolonel Inf. Hengky Yuda Setiawan mengatakan, ada 411 prajurit TNI Angkatan Darat yang didatangkan dari seluruh Kodam di Indonesia guna membantu tugas kodim persiapan di Provinsi Papua Barat. Prajurit BKO tersebut tiba di Manokwari secara bertahap sejak 28 Juni hingga 2 Juli dengan menggunakan pesawat. ”Dari daerah asal prajurit tersebut sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan ke Papua Barat,” kata Hengky Yuda Setiawan.

Menurut dia, setelah tiba di Manokwari dan sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah tempat bertugas, prajurit tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan dan ditemukan 36 prajurit positif virus korona. Sebanyak 36 prajurit BKO yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, awalnya direncanakan berangkat ke tempat tugas kodim persiapan Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat, dan Tambrauw.

”Namun karena ditemukan positif virus korona tidak jadi diberangkatkan dan menjalani isolasi. Kami bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat telah melakukan pemeriksaan swab terhadap seluruh prajurit BKO di Papua Barat tersebut dan lainnya masih menunggu hasil,” terang Hengky Yuda Setiawan.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Puluhan Prajurit TNI AD BKO Papua Barat Positif Covid-19