3 Tips Bersihkan Rumah Agar Anak Tak Kena Covid-19 saat Main di Lantai

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

3 Tips Bersihkan Rumah Agar Anak Tak Kena Covid-19 saat Main di Lantai


JawaPos.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih sadar menjaga kebersihan. Tak hanya mencuci tangan, area rumah juga perlu disemprot disinfektan, sebab droplet bisa jatuh di mana saja.

Selain perabotan, lantai di rumah juga harus dipastikan kebersihannya dari kuman dan virus. Apalagi ketika buah hati bermain di lantai.

Kepedulian terhadap kesehatan dan kebersihan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tahun 2020 mungkin memiliki jawabannya. Dalam studi tersebut, para peneliti di Wuhan, Tiongkok menguji beberapa sampel permukaan di unit perawatan intensif (ICU) dan bangsal Covid-19 umum di Rumah Sakit Houshenshan.

Antara 19 Februari dan 2 Maret 2020, sampel swab dikumpulkan dari permukaan lantai yang berpotensi terkontaminasi, tetikus komputer, tong sampah, dan pegangan tangan tempat tidur rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak dari sampel yang diuji positif untuk virus korona. Dan lantai tampaknya menjadi hotspot umum dan tak terduga.

Pemilihan material bangunan yang tepat dapat mengurangi risiko terkena kuman penyakit. Salah satunya dengan memilih lantai anti bakteri atau anti bacterial tiles. Anti bakteri berupa silver Ion mengeliminasi bakteri Escherichia coli, Straphylococcus aureus dan bakteri penyebab penyakit lainnya.

“Silver Ion ini ini telah teruji secara ilmiah dapat mengeliminasi bakteri hingga 99,9 persen,” kata Jimin Suman dari RomanGranit secara daring baru-baru ini.

Menurutnya berbagai tindakan preventif menjaga kesehatan dari berbagai penyakit rutin dilakukan, seperti menjaga pola makan, giat berolahraga, hingga membeli barang kebutuhan yang aman untuk diri sendiri dan keluarga. Menata hunian yang sehat kini menjadi prioritas utama, sebab selama pandemi berlangsung sebagian besar aktifitas dilakukan di dalam rumah.

“Jika harus beraktivitas di luar rumah pun, sebagian besar masyarakat sudah sangat aware dengan lokasi. Dan di runah harus memperhatikan kebersihan dan segala unsur yang menunjang kesehatan,” ungkapnya.

Ia menegaskan material bangunan yang memenuhi kriteria sehat adalah tidak terbuat dari bahan berbahaya dan tidak menyebabkan mikroorganisme (virus dan bakteri) berkembang biak. Pemilihan material bangunan yang tepat dapat mengurangi risiko terkena kuman penyakit.

Sehingga seluruh anggota keluarga termasuk anak bisa bebas beraktivitas, tanpa khawatir terkena kuman dan bakteri berbahaya apalagi saat bermain di lantai. Selain membersihkan lantai, ada tiga tips lainnya agar rumah bersih dan aman dari Covid-19. Apa saja?

1. Gunakan Sarung Tangan

Hati-hati saat melepas sepatu Anda. Baik menggunakan sarung tangan atau berusaha untuk tidak menyentuhnya saat melepasnya dan segera cuci tangan setelahnya.

2. Bersihkan Teratur

Bersihkan sepatu Anda secara teratur. Semprotkan bagian atas dan bawah dengan dusinfektan dan diamkan selama sekitar satu menit.

Usap sepatu dan segera cuci tangan setelahnya. Jika menggunakan mesin cuci, cuci sepatu sering menggunakan panas tinggi.

3. Simpan Sepatu dengan Benar

Tempatkan sepatu di dekat pintu rumah dalam keranjang atau di atas kertas. Bersihkan lantai di bawah sepatu sesuai kebutuhan. Dan ganti dengan sandal atau sepatu yang bersih.


3 Tips Bersihkan Rumah Agar Anak Tak Kena Covid-19 saat Main di Lantai