Kasus Aktif Covid-19, Kabupaten Malang Puncak, Surabaya Runner Up

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kasus Aktif Covid-19, Kabupaten Malang Puncak, Surabaya Runner Up


JawaPos.com– Jumlah kasus aktif Covid-19 di Surabaya sejauh ini terbilang masih fluktuatif. Update data terbaru yang diunggah Pemprov Jatim pada Senin (4/`10) malam, kasus aktif di Kota Pahlawan sebanyak 85 orang. Dengan angka itu, Surabaya tidak lagi menjadi pemuncak klasemen di Jatim. Posisinya digantikan Kabupaten Malang dengan jumlah kasus aktif 87 orang. Kini, Surabaya diposisi runner up.

Sehari sebelumnya, jumlah kasus aktif di Surabaya ada sebanyak 102 orang dan kembali menjadi tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lain di Jatim. Dari data terbaru berarti ada penurunan 17 orang. Kasus aktif adalah jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dikurangi dengan pasien yang sembuh dan meninggal dunia.

Di bawah Kabupaten Malang dan Surabaya, lima daerah kasus aktif tertinggi per 4 Oktober 2021 adalah Ponorogo 76 orang, Sidoarjo 67 orang, dan Trenggalek 65 orang. Yang menggembirakan, dari 38 kabupaten/kota seJatim, saat ini sudah tidak ada lagi daerah dengan jumlah kasus aktif Covid-19 di atas angka 100.

Anggota Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Henry Simanjuntak menyampaikan, kasus Covid-19 di Kota Pahlawan masih melandai. Dia menyangkal telah terjadi penambahan kasus baru secara signifikan. Sejak pertengahan September, situasi sudah cukup terkendali. “Angka yang positif selalu rendah,” kata Henry.

Dia menyampaikan, sejumlah indikator penanganan Covid-19 di Surabaya juga terbilang sudah membaik. Di antaranya, angka mortalitas atau kematian hingga tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) yang kian menipis. Rasio angka pelacakan (tracing) kasus juga kian meningkat menjadi 1:28. “Angka tracing Surabaya sudah jauh di atas standar Kemenkes, yaitu 1:15,” jelasnya.

Berbagai tindakan pencegahan pun terus dilakukan. Salah satunya dengan mengintensifkan tim khusus atau swab hunter. Mereka yang terjaring di tempat kerumunan akan langsung dites swab. “Pokoknya, tindakan pencegahan kita aktifkan lagi,” tegas pejabat dari Kesbangpol Pemkot Surabaya itu.

 


Kasus Aktif Covid-19, Kabupaten Malang Puncak, Surabaya Runner Up