Kendaraan Operasional Jabar Bakal Berbahan Bakar Gas, PGN Gandeng MUJ

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kendaraan Operasional Jabar Bakal Berbahan Bakar Gas, PGN Gandeng MUJ


JawaPos.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina mendorong peningkatan peran lokal, salah satunya BUMD, dalam pemanfaatan energi bersih. Untuk itu, PGN bekerja sama dengan PT Migas Hulu Jabar (Perseroda) (MUJ) yang merupakan BUMD milik Provinsi Jawa Barat yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi.

Kerja sama BUMN-BUMD ini mengenai pemanfaatan gas bumi untuk kawasan perumahan, komersial, dan industri. Penandatanganan Pokok-Pokok Perjanjian (Heads of Agreement) telah dilakukan oleh Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz dan Direktur Utama MUJ, Begin Troys, pada Kamis (21/10).

HoA tersebut meliputi perencanaan, pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan bersama atas penyediaan infrastruktur gas bumi beserta turunannya, seperti CNG dan LNG untuk kebutuhan gas bumi di perumahan, komersial, dan industri di wilayah Jawa Barat.

PGN dan MUJ bekerja sama untuk dapat membantu dalam memperluas distribusi gas bumi, sehingga pelanggan akan bertambah melalui integrasi infrastruktur milik PGN dengan MUJ. Selain itu, juga akan melakukan pengembangan bersama atas penyediaan pembangkit listrik berbahan bakar gas bumi serta konversi kendaraan operasional di Jawa Barat menjadi berbahan bakar gas (BBG).

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menyampaikan bahwa Jawa Barat merupakan salah satu kontributor niaga gas paling besar bagi PGN. Selain itu, di wilayah ini juga terdapat jaringan distribusi gas bumi yang terhubung dengan jaringan transmisi Sumatera Selatan.

“Pelanggan PGN di Jawa Barat berada di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, Karawang dan Cirebon. Total jumlah pelanggan PGN di Jawa Barat sekitar 78.536 pelanggan dengan volume penggunaan gas 246 BBTUD,” kata Fariz, Jumat (22/10).

Untuk itu, lanjutnya, penting bagi PGN untuk mengoptimalkan aset yang ada dan mengembangkan pemanfaatannya agar semakin banyak masyarakat merasakan manfaat gas bumi. “Pengembangan pemanfaatan gas bumi juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan investasi dan pendapatan daerah Jawa Barat,” pungkasnya.


Kendaraan Operasional Jabar Bakal Berbahan Bakar Gas, PGN Gandeng MUJ