Kolaborasi Dosen Unida dan ITY Gelar Program PTDM

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kolaborasi Dosen Unida dan ITY Gelar Program PTDM


JawaPos.com – Universitas Djuanda (Unida) dan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) berkolaborasi melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program Produk Teknologi yang Didiseminasikan kepada Masyarakat (PTDM). Hal itu sebagai upaya inovasi teknologi menuju swasembada pangan.

Serah terima hibah PTDM yang digelar di halaman kebun Giat Berdikari Kampung Galeong, Kota Tangerang itu dihadiri oleh anggota Komisi VII DPR RI, Direktur LPPM Unida, Kapolsek Karawaci, Perwakilan Muspida Wilayah Kelurahan Sumur Pacing dan Margasari, Ketua KWT Sumur Mede dan Giatberdikari beserta anggotanya.

Dalam sambutannya, Direktur LPPM Unida, Ginung Pratidina mengatakan, dosen-dosen harus terus melakukan pengabdian masyarakat selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian.

“Pengabdian masyarakat harus tetap dilakukan di tengah tugas utama dosen sebagai pendidik mahasiswa di kampus,” ujar Ginung dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Jumat (23/10).

Ketua tim Hibah PTDM, Maria Fitriah menuturkan, inovasi yang kami serah terimakan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumur Mede dan Giat Berdikari adalah sistem aquaponik, kolam bioflok, mesin pemberi pakan otomatis, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dan penerangan jalan umum tenaga surya.

“Seluruh produk teknologi ini kami serahkan agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan pertanian dan perikanan menuju wilayah berswasembada pangan,” ujarnya.

Menurut Maria, di masa pandemi ini semua elemen dituntut lebih kreatif agar tidak terkungkung oleh keadaan. Karena itu harus terus berinovasi dengan menggunakan teknologi.

“Semoga tidak sampai berhenti sampai di sini. Namun kita harus bersama-sama dapat menjaga dan merawatnya. Tentu kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” pungkasnya.


Kolaborasi Dosen Unida dan ITY Gelar Program PTDM