#MakinCakapDigital, Pemerintah Kolaborasi dengan Platform Teknologi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

#MakinCakapDigital, Pemerintah Kolaborasi dengan Platform Teknologi


JawaPos.com – Upaya mendorong peningkatan Literasi Digital Nasional (LDN) yang sedang digenjot pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berlanjut. Yang terbaru, bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggandeng platform teknologi kekinian TikTok.

Kolaborasi dengan mitra platform teknologi ini diharapkan bisa mewujudkan cita-cita bersama menuju negara yang #MakinCakapDigital bisa cepat terealisasi. Hal ini sejalan dengan titah Menkominfo Johnny G. Plate yang dalam beberapa kesempatan menegaskan untuk bisa sesegera mungkin mewujudkan ekosistem internet yang lebih aman dan nyaman bagi siapapun.

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa kemampuan literasi digital dapat terwujud lewat kolaborasi pemerintah dengan penyedia layanan teknologi di Indonesia.

“Literasi digital kini menjadi suatu kemampuan dasar bagi setiap individu untuk bisa lebih cerdas dalam berkomunikasi dan bersikap di dunia daring,” ungkap Semuel di Jakarta.

Dirinya melanjutkan, pihaknya percaya kalau kemampuan memanfaatkan teknologi digital yang baik tentu bisa membuka banyak peluang positif bagi bangsa Indonesia baik untuk kehidupan sosial maupun ekonomi terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini yang membuat banyak orang lebih karib dengan internet dan platform digital.

Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang digagas Kemkominfo dan Siberkreasi ini merangkul aplikasi berbagi video pendek, TikTok. Adapun Lewat kolaborasi dengan platform teknologi ini, serangkaian program yang berfokus pada literasi digital dan edukasi dalam menggunakan internet secara bijak untuk mempersiapkan Indonesia #MakinCakapDigital untuk menciptakan ruang digital yang lebih aman dan nyaman.

Kolaborasi ini menyajikan berbagai program sepanjang tahun 2021. Beberapa aktivitas yang di antaranya ajakan masyarakat untuk berbagi dan menyebar konten positif, inspiratif serta edukatif di platform digital, sehingga menjadikan ruang komunitas yang sehat dan suportif.

TikTok juga menyelenggarakan in-app challenge atau tantangan di platform mereka, mengusung empat pilar kurikulum kecakapan digital dari Kementerian Kominfo. Mulai dari cakap bermedia digital (digital skills), aman bermedia digital (digital safety), etika bermedia digital (digital ethics), hingga budaya bermedia digital (digital culture).

Melalui kolaborasi Kominfo dengan platform digital dalam upaya meningkatkan Literasi Digital Nasional ini, nantinya juga akan ada berbagai event webinar menarik yang bisa diikuti secara gratis buat menambah wawasan di dunia digital oleh masyarakat misalnya webinar bertajuk “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital”.

Berbagai narasumber yang kredibel dalam bidangnya nantinya juga turut hadir dalam diskusi komprehensif webinar literasi digital ini. Mereka siap berbagi pengalaman atau keahliannya dalam memulai langkah sederhana berbuat kebaikan di platform digital.

Yuk sama-sama kita #MakinCakapDigital. Ciptakan ekosistem digital yang lebih baik dan ramah untuk siapapun.


#MakinCakapDigital, Pemerintah Kolaborasi dengan Platform Teknologi