Pemerintah Targetkan Setengah Juta Pelajar Berprestasi Tingkat Dunia

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemerintah Targetkan Setengah Juta Pelajar Berprestasi Tingkat Dunia


JawaPos.com – Pemerintah berupaya meningkatkan jumlah anak-anak berprestasi tingkat dunia. Mulai dari prestasi di bidang akademik, olahraga, sampai seni dan budaya. Targetnya ada setengah juta anak-anak yang bisa menorehkan prestasi di tingkat dunia.

Koordinator Manajemen Talenta Nasional Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Ade Supriyatna mengatakan saat ini jumlah pelajar di Indonesia ada 52 juta jiwa lebih. Dia mengungkapkan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meminta ada satu persen diantaranya yang bisa menjadi juara di tingkat dunia atau internasional.

’’Satu persen dari 52 juta jiwa itu sudah 500 ribu lebih,’’ katanya dalam pembukaan Festival Sains dan Budaya (FSB) 2022 di Jakarta Sabtu (2/10). Festival tahunan dari Eduversal ini, digelar secara online karena pandemi Covid-19. Ade mendukung adanya festival atau perlombaan seperti itu, untuk menjaring pelajar berprestasi di Indonesia.

Lebih lanjut Ade mengatakan dari 52 juta jiwa pelajar itu, sebanyak 1,9 juta menjadi juara di tingkat kabupaten atau kota. Kemudian 228.331 pelajar diantaranya juara di tingkat provinsi. Setelah itu ada 31.249 pelajar berhasil juara di level nasional.

’’Setelah juara di tingkat nasional, sebanyak 708 pelajar masuk dalam pelatnas kompetisi internasional,’’ tutur Ade. Kemudian ada 244 anak yang berhasil menjadi juara di kompetisi internasional. Jumlah ini bisa dikatakan masih sedikit dibandingkan dengan total populasi pelajar di Indonesia. Sehingga pemerintah melalui Puspresnas Kemendikbudristek berupaya meningkatkannya.

Ade mengatakan mereka sudah menetapkan empat lini kecerdasan. Pertama adalah sains, riset, teknologi, dan inovasi. Kemudian seni, bahasa, dan literasi. Lini ketiga adalah vokasi dan kewirausahaan serta yang keempat adalah olahraga dan kesehatan jasmani. Ade mengatakan para juara dari kompetisi yang digelar pemerintah maupun swasta seperti FSB 2022 akan masuk dalam basis data Puspresnas. Kemudian akan dilakukan pembinaan untuk peningkatan prestasi.

Kepada para pelajar yang mengikuti kompetisi di seluruh tingkatan, Ade berpesan bahwa jujur itu juara. ’’Tidak perlu tanya-tanya ke pendamping atau lainnya,’’ katanya. Kemudian meskipun saat ini masih ada siswa yang belajar dari rumah, dia menekan tetap bisa berprestasi dari rumah.


Pemerintah Targetkan Setengah Juta Pelajar Berprestasi Tingkat Dunia