Punya Ambisi Politik, Mantan Anak Buah Xi Jinping Tersandung Korupsi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Punya Ambisi Politik, Mantan Anak Buah Xi Jinping Tersandung Korupsi


JawaPos.com – Seorang mantan pejabat senior Tiongkok telah dituduh melakukan serangkaian dugaan korupsi. Sun Lijun, nama pejabat senior tersebut, akhirnya dikeluarkan dari partai komunis dan diadili.

Setelah penyelidikan selama 17 bulan, badan-badan antikorupsi terkemuka Tiongkok mengumumkan kasus tersebut. Sebelumnya Sun menjabat sebagai wakil menteri keamanan negara.

Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin mengatakan Sun memiliki ambisi politik yang sangat ekstrem. Dia dinilai bekerja sama dengan pihak lain untuk menghancurkan persatuan dan keamanan politik partai, membentuk geng dan faksi dan menguasai departemen-departemen utama.

“Kehidupannya korup dan menggelapkan sejumlah dana yang tidak ditentukan,” kata sebuah laporan.

Agensi juga menuduhnya menyebarkan desas-desus, pencurian dan penipuan, serta menjalani kehidupan yang berfoya-foya. Ia dituding menerima hadiah besar atau gratifikasi. Namun, agensi tidak merilis rincian spesifik.

“Kasusnya telah dilimpahkan ke kejaksaan,” kata agensi.

Selain sebagai wakil menteri untuk keamanan negara, Sun juga memainkan peran kunci dalam mengoordinasikan respons awal pandemi Covid-19 di Tiongkok. Sun ditangkap pada April 2020, sebulan setelah muncul di TV Tiongkok melaporkan Xi selama kunjungan ke Wuhan.

Tindakan keras Xi yang telah berlangsung lama telah membuat jutaan pejabat menjadi sasaran, termasuk ratusan pejabat senior. Tabloid yang didukung negara, Global Times, menyebut tak hanya Sun, tetapi ada juga nama Yin Jiaxu, mantan Ketua China North Industries Group. Ia juga tengah menjadi sasaran badan anti-korupsi.

Yin dituduh secara ilegal memperoleh keanggotaan klub golf dan menerima sejumlah besar uang dan real estate. Menurut laporan itu, Yin digambarkan sebagai pria bermuka dua yang diasingkan dari partai, dikeluarkan, dan diperkirakan akan diadili.


Punya Ambisi Politik, Mantan Anak Buah Xi Jinping Tersandung Korupsi