SMRC: Elektabilitas Partai di Luar Pemerintah Naik Lebih Tajam

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

SMRC: Elektabilitas Partai di Luar Pemerintah Naik Lebih Tajam


JawaPos.com – Partai-partai politik kelas menengah mengalami kenaikan tren elektabilitas, tapi partai-partai yang berada di luar pemerintahan menunjukkan kenaikan yang lebih tajam. Kenaikan tertinggi diperoleh Partai Demokrat, yang elektabilitasnya naik dua persen dalam waktu empat bulan, dari 6,6 persen (Mei 2021) menjadi 8,6 persen (September 2021).

Peningkatan elektabilitas disusul oleh PKS yang naik 1,4 persen menjadi 6 persen; Partai Golkar yang naik 0,6 persen menjadi 11,3 persen; Nasdem yang naik 0,5 persen menjadi 4,2 persen; dan PKB yang naik 0,3 persen menjadi 10 persen, pada periode sama (Mei ke September 2021). Demikian temuan Saiful Mujani Research Center (SMRC) yang melakukan survei pada tanggal 15-21 September dan merilis hasilnya Kamis (7/10).

Sedangkan partai-partai politik lainnya mengalami tren penurunan. PDIP mengalami penurunan elektabilitas terbesar yaitu -3,8 persen dari 25,9 persen (Maret 2021) menjadi 22,1 persen (September 2021). Penurunan elektabilitas diikuti oleh Gerindra yang turun 1 persen menjadi 9,9 persen; PAN yang turun 0,4 persen menjadi 1,4 persen dan PPP yang turun 0,3 persen menjadi 2,3 persen pada periode sama (Maret ke September 2021).

Tren serupa terlihat pada elektabilitas tokoh. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi satu-satunya ketua umum parpol yang tren elektabilitasnya naik. Dalam simulasi tertutup 15 nama, tren elektabilitas AHY naik 0,3 persen dari 4,2 persen (Maret 2021) menjadi 4,5 persen (September 2021).

Sedangkan tren elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto justru turun 3,7 persen menjadi 20,7 persen pada September ini. Ketua umum parpol lainnya yaitu Airlangga Hartarto meraih elektabilitas 0,5 persen.

Elektabilitas Menteri Pariwisata dan Kreatif Sandiaga Uno merosot 1,4 persen menjadi 6,5 persen. Begitu juga elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dengan tingkat elektabilitas 1,4 persen.

Di luar mereka, papan 15 besar ini diisi oleh para Gubernur di pulau Jawa dan beberapa menteri yang belum memiliki kendaraan partai politik. “Dari 9 parpol yang punya kursi di DPR, hanya AHY ketua umum parpol yang punya potensi memimpin bangsa ini ke depan,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman menanggapi hasil survei SMRC ini.

Menurut Benny, tokoh-tokoh lain yang memperoleh elektabilitas tinggi adalah para pejabat publik. AHY satu-satunya tokoh nonpejabat publik yang masuk dalam papan 15 besar elektabilitas, pada urutan keenam.

“Masuk akal jika tingkat tahu masyarakat terhadap para pejabat publik ini cukup tinggi,” lanjut anggota Komisi III DPR RI tersebut.

“Ini sinyal kalau Mas AHY bisa do something, melakukan sesuatu yang lebih agresif bagi kepentingan masyarakat umum, peluang itu sangat terbuka,” pungkas Benny.


SMRC: Elektabilitas Partai di Luar Pemerintah Naik Lebih Tajam