Dapat Apresiasi dari Gus Menteri Abdul Halim Iskandar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dapat Apresiasi dari Gus Menteri Abdul Halim Iskandar


JawaPos.com – Anggota DPRD Jatim Achmad Amir Aslichin menggagas program inovatif Pesona-Desa. Meski baru mau maju sebagai calon bupati Sidoarjo, Mas Iin (sapaan Achmad Amir) telah merealisasikan program tersebut untuk memotivasi masyarakat desa di Kota Delta. Hasilnya sudah terlihat.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pun mengapresiasi program tersebut. Mas Iin menyatakan dirinya, selaku inisiator program Pesona-Desa, menyadari begitu besarnya potensi desa-desa di Sidoarjo. Jumlahnya pun besar, 322 desa.

Dalam program tersebut, ada konsep dan implementasi yang komplit. Ada wadah konsultasi bagi desa. Setiap datang ke desa, tim Pesona-Desa tidak hanya datang, tetapi juga membawa solusi permasalahan di desa yang didatangi. ”Problem solving tersebut akan membuat desa bisa maju pesat,” ujar lelaki kelahiran Sidoarjo 5 Juni 1977 itu.

Tidak selesai di situ. Pesona-Desa juga menyentuh pemberdayaan warga. Ada pembinaan. Ajakan masyarakat desa untuk inovatif, kreatif, dan goal-nya mewujudkan desa sejahtera. Sasaran binaannya meliputi produk unggulan desa (prukades), SDM, BUMDes, sejarah, wisata, maupun problem pemdes lain.

Bahkan, Pesona-Desa hadir di dunia maya. Baik website maupun semua platform media sosial. Informasinya menampilkan kemajuan desa. Baik peraturan perundang-undangan maupun kemajuan dan inovasi daerah lain untuk memotivasi. Sambutan desa-desa juga luar biasa.

Website dan media sosoal itu bisa juga menjadi wahana konsultasi. Juga pengenalan produk unggulan desa. Platform itu bisa menjadi media promosi produk desa yang efektif. Mudah dikenal. Pas dan solutif untuk memecahkan problem pemasaran produk. ”Juga jadi media komunikasi antar pemdes dan warga,” ujarnya. Lebih dari itu, Pesona-Desa bisa menyuarakan aspirasi desa ke Pemprov Jawa Timur, bahkan hingga ke Kemendes PTT.

Mas Iin menceritakan, konsep Pesona Desa itu dia gagas sejak 2017. Sebagai orang Sidoarjo asli, pengusaha muda yang pernah berkuliah di Australia itu sangat ingin Sidoarjo berkembang pesat.

Pesona-Desa mulai berjalan saat dirinya dilantik sebagai anggota komisi B DPRD Jatim. Dia mengaku sudah dekat dengan banyak kepala desa dan perangkatnya. Tidak sedikit pula rekan pendamping desa. Jadi tahu banyak potensi desa yang bisa dikembangkan. ”Minimnya peran pemerintah dalam mendampingi desa untuk mengembangkan diri,” ujarnya.

Semangat tersebut ternyata dikuatkan lagi saat Halim Iskandar diangkat sebagai Menteri Desa PDTT. ”Beliau ketua PKB Jatim dan saya sebagai ketua banom pemudanya PKB di Jatim. Serasa bapak saya sendiri secara organisasi,” ungkapnya


Dapat Apresiasi dari Gus Menteri Abdul Halim Iskandar