Ini Jadwal Uji Kompetensi Nasional Pendidikan Nakes

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ini Jadwal Uji Kompetensi Nasional Pendidikan Nakes


JawaPos.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Nasional Program Pendidikan Tenaga Kesehatan periode I tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Aris Junaidi.

“Pelaksanaan Uji Kompetensi yang semula dijadwalkan pada bulan Maret – April namun tertunda adanya pandemi Covid-19, akan diselenggarakan pada Juli – Agustus 2020,” ujar Aris dalam keterangan resmi, Sabtu (18/7).

Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional akan diselenggarakan pada Juli hingga Agustus 2020. Ini merupakan hasil kesepakatan antara Kemendikbud, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Telah disepakati bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional merupakan salah satu program prioritas yang tetap harus diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan di setiap tahapnya.

Adapun, uji kompetensi merupakan proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi bidang kesehatan. Selain itu, hal ini merupakan upaya penjaminan mutu lulusan, implementasi kurikulum dan sebagai dasar pembinaan mutu pendidikan bidang kesehatan bagi kementerian terkait.

Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi bagi lulusan pendidikan kesehatan vokasi, atau sertifikat profesi bagi lulusan pendidikan profesi.

“Sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi digunakan sebagai syarat pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) bagi tenaga Kesehatan. STR merupakan syarat tenaga kesehatan bisa menjalankan praktik atau kerja. Hal ini sangat penting, terutama pada saat pandemi ini yang memerlukan banyak tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19,” jelas dia.

Pada uji kompetensi periode I tahun 2020 ini terdaftar 48.798 peserta dari 22 program studi bidang kesehatan. Uji Kompetensi Nasional program pendidikan tenaga kesehatan periode I tahun 2020 akan diselenggarakan pada tiga waktu penyelenggaraan, antara lain:

1. 18 – 20 Juli 2020 akan diikuti 15.321 peserta program studi Diploma III Kebidanan, Diploma IV Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.

2. 25 – 27 Juli 2020 akan diikuti 18.704 peserta dari Program Pendidikan Profesi Ners, Diploma III Elektromedis, Diploma III Terapi Gigi dan Diploma IV Terapi Gigi.

3. 8 – 10 Agustus 2020 akan diikuti 14.773 peserta dari Diploma III Keperawatan, Diploma IV Keperawatan, Diploma III gizi, Diploma IV gizi, Diploma III Sanitasi, Diploma IV Sanitasi Lingkungan, Diploma III Teknologi Laboratorium Medis, Diploma IV Teknologi Laboratorium Medis, Diploma III Teknik Gigi, Diploma III Rekam Medis, Diploma III Radiologi, Diploma III Optometri, Diploma III Fisioterapi, Diploma IV Fisioterapi.


Ini Jadwal Uji Kompetensi Nasional Pendidikan Nakes