KPU Padang Mutakhirkan Data 653.571 Pemilih Jelang Pilkada 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KPU Padang Mutakhirkan Data 653.571 Pemilih Jelang Pilkada 2020


JawaPos.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, mulai memutakhirkan data 653.571 pemilih melalui pencocokan dan penelitian (coklit) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kota Padang Arianto seperti dilansir dari Antara di Padang mengatakan, pemutakhiran data tersebut akan dilaksanakan oleh 1.936 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) KPU Kota Padang.

”Para PPDP yang telah kita bentuk tersebut, akan mendatangi langsung rumah penduduk melakukan coklit untuk menghasilkan data pemilih sementara (DPS). Setelah rampung akan dicocokkan lagi hingga menjadi daftar pemilih tetap (DPT),” ujar Arianto.

Lebih lanjut dia menyebutkan, di Padang sudah ditetapkan sekitar 1.936 tempat pemungutan suara (TPS) dari 104 kelurahan dan 11 kecamatan se Kota Padang. Dalam satu TPS diperkirakan akan ada maksimal 500 hak suara. ”Nanti beragam jumlahnya di masing-masing TPS dan tidak selalu 500. Tetapi kita tentukan maksimalnya 500 hak suara,” terang Arianto.

Untuk proses pemutakhiran data tersebut sudah dilakukan sejak 15 Juli hingga 13 Agustus, berdasar daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4). Pemutakhiran data dilakukan untuk memperbarui data pemilih berdasar DP4 dan daftar pemilih dari pemilu terakhir.

Saat melakukan coklit ke rumah warga, seluruh PPDP yang bertugas tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan alat pelindung diri berupa alat pelindung wajah, masker, memakai carian pembersih tangan, dan memakai sarung tangan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengecek datanya secara daring apakah sudah masuk daftar pemilih tetap (DPT) atau belum melalui https://ift.tt/2XFn0rb/.

Dia berharap, masyarakat tetap berpartisipasi aktif dan memberikan data yang lengkap saat petugas melakukan coklit supaya data yang dihimpun lebih valid.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


KPU Padang Mutakhirkan Data 653.571 Pemilih Jelang Pilkada 2020