Pria Tiongkok Kehilangan Jari Telunjuk Akibat Bakteri Pemakan Daging

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pria Tiongkok Kehilangan Jari Telunjuk Akibat Bakteri Pemakan Daging


JawaPos.com – Seorang pria Tiongkok harus menjalani amputasi jari telunjuk kanan setelah terinfeksi bakteri pemakan daging. Peristiwa miris itu terjadi setelah dia membersihkan udang yang dia beli dari pasar basah.

Mengutip dari sebuah posting Facebook oleh teman korban, surat kabar berbahasa Tiongkok, Lianhe Wanbao, melaporkan bahwa jari telunjuk pria itu tertusuk ketika sedang membersihkan udang. Korban yang tidak disebutkan namanya, mengatakan merasa ditusuk oleh udang beberapa kali sebelumnya. Tetapi ternyata rasanya berbeda.

Hari berikutnya, jarinya telah berubah menjadi hitam dan dia mengalami demam ringan. Dia pergi ke klinik 24 jam di Toa Payoh dan diminta segera pergi ke rumah sakit yang fasilitas kesehatan lebih lengkap.

Dilansir dari Straits Times, Selasa (14/7), pria itu langsung menjalani operasi dan dirawat di rumah sakit selama tujuh hari, termasuk dua hari di unit perawatan intensif. Andai ditunda, dokter mengatakan dia bisa kehilangan lengannya atau bahkan mati ketika bakteri telah mencapai ketiaknya.

Akibat peristiwa itu, dia memperingatkan orang lain untuk berhati-hati saat membersihkan udang mentah atau makanan laut. Penyakit akibat bakteri pemakan daging itu disebut dengan necrotizing fasciitis. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang kebal terhadap sebagian besar antibiotik dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. Gejalanya membuat memerah atau bengkak pada area yang terkena, kemudian sakit parah dan demam.

Seorang dokter berkata kepada Lianhe Wanbao, bahwa ditusuk oleh ikan atau krustasea biasanya tidak akan menimbulkan komplikasi. Tetapi jika cedera menjadi serius atau demam tak membaik, segera cari bantuan medis.

Dokter lain mengatakan kepada harian Tiongkok bahwa itu adalah peristiwa langka. Situasi itu dapat terjadi ketika seseorang memotong hewan laut. Dokter mengatakan bahwa begitu bakteri pemakan daging memasuki tubuh, mereka dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan komplikasi hingga kematian.


Pria Tiongkok Kehilangan Jari Telunjuk Akibat Bakteri Pemakan Daging