Stok Peti Jenazah di Brasil Menipis, Beruntung Covid-19 Mulai Turun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Stok Peti Jenazah di Brasil Menipis, Beruntung Covid-19 Mulai Turun


JawaPos.com – Angka kasus Covid-19 di Brasil adalah salah satu yang parah di dunia. Hanya kalah dari Amerika Serikat dengan lebih dari 2 juta kasus tercatat sejak Maret. Lebih dari 74 ribu orang telah meninggal, dan angka sebenarnya diyakini bahkan lebih tinggi. Peti jenazah pun sampai menipis.

Di ibu kota negara bagian Manaus, seorang pria terlihat mengatur peti mati di rumah duka. Pejabat memperingatkan bahwa stok peti mati di wilayah itu kemungkinan akan habis. Kemiskinan dan kekurangan gizi membuat penanganan virus di Brasil menjadi tantangan besar.

Dalam laman BBC, komunitas adat adalah salah satu yang paling parah terkena virus Korona. Dan Manaus adalah rumah bagi sebagian besar dari mereka. Banyak rumah mereka terletak jauh dari fasilitas kesehatan. Beberapa orang di pedesaan terlihat sibuk memindahkan peti mati di komunitas pedesaan di negara bagian utara Para.

Perintah tetap di rumah dan pembatasan lainnya dikritik oleh Presiden Jair Bolsonaro. Sang presiden kontroversial pun terserang Covid-19.

Kasus Mulai Turun

Untungnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat kasus baru di Brasil mulai menurun. Pakar Darurat Utama WHO Mike Ryan mengatakan bahwa jumlah kasus baru di Brasil telah stabil pada 40 ribu sampai 45 ribu per hari, dengan kematian setiap hari berkisar sekitar 1.300.

“Memang kasus belum berbalik atau belum turun gunung. Tetapi jumlahnya telah stabil, mulai turun secara sistematis dari hari ke hari,” katanya dilansir dari Straits Times, Senin (20/7).

Angka Reproduksi atau ‘R’ yakni jumlah orang yang terinfeksi oleh setiap orang sekarang tampaknya berada di kisaran antara 0,5 dan 1,5 di seluruh negara bagian di Brasil. Angka itu turun dari lebih dari 2 hanya beberapa minggu yang lalu.

“Ada peluang begitu angka-angka itu telah stabil. Saya pikir peluang ada bagi Brasil. Tapi perlu tindakan intervensi bersama yang sangat berkelanjutan agar hal itu terjadi,” tegasnya.

“Sekitar 11 persen dari semua infeksi di Brasil adalah di antara petugas kesehatan,” pungkasnya.


Stok Peti Jenazah di Brasil Menipis, Beruntung Covid-19 Mulai Turun