Tolak Restart Liga 1, Iwan Bule: Degradasi Saja Tidak, apalagi Sanksi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tolak Restart Liga 1, Iwan Bule: Degradasi Saja Tidak, apalagi Sanksi


JawaPos.com – Keinginan PSSI melanjutkan kompetisi masih menemui banyak ganjalan. Selain pandemi korona yang belum juga surut, beberapa klub menunjukkan tanda-tanda penolakan terhadap restart Liga 1 2020 pada Oktober nanti.

Persebaya Surabaya dan Barito Putera sudah menyatakan keberatan. Belum lagi ada Persik Kediri dan Persita Tangerang. Madura United juga pernah menyatakan tidak ingin ambil bagian apabila kompetisi dilanjutkan. Alasannya karena faktor kesehatan dan keselamatan.

”Kami akan berkomunikasi dengan klub-klub agar semuanya satu persepsi. Wajarlah kalau ada perbedaan pendapat,” ujar Ketum PSSI Moch. Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta (3/7).

Beberapa klub yang menyatakan keberatan dengan dilanjutkan Liga 1 itu alasannya sangat jelas, karena pandemi korona belum juga reda. ”Nanti kami akan berdiskusi. Pemimpin-pemimpin klub itu kan, teman-teman kami juga seperti Pak Hasnuryadi (CEO Barito Putera),” tutur pria yang disapa Iwan Bule itu.

Iwan Bule enggan berandai-andai terkait penolakan tersebut termasuk kemungkinan empat klub itu memutuskan tidak mengikuti lanjutan Liga 1 2020. Karena itu, dia juga tidak mau membicarakan soal sanksi jika absen dari kompetisi.

“Belum ada pembicaraan soal sanksi. Namun, kan, degradasi saja tidak ada apalagi sanksi,” kata Iriawan.

PSSI telah memutuskan bahwa Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 2020 bergulir kembali mulai Oktober 2020 melalui penerbitan surat keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa tahun 2020.

Untuk Liga 1, kompetisi akan berjalan penuh satu musim dengan semua pertandingan berlangsung di Pulau Jawa.

Lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 tidak menerapkan sistem degradasi, begitu pula di Liga 2. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berjanji melaksanakan protokol kesehatan secara ketat selama liga berlangsung.


Tolak Restart Liga 1, Iwan Bule: Degradasi Saja Tidak, apalagi Sanksi