Beri Beasiswa Rp 47,7 Miliar, Wawali Surabaya: Enteng Lek Sakmunu

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Beri Beasiswa Rp 47,7 Miliar, Wawali Surabaya: Enteng Lek Sakmunu


JawaPos.com – Jauh-jauh hari, sejumlah pelajar telah melayangkan surat permohonan untuk dapat beraudiensi dengan Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Armudji. Nah, Senin (11/10) kemarin, mereka baru dapat bertemu di rumah dinas Wawali di Jalan Wali Kota Mustajab.

Ada apa? Ternyata, pelajar tingkat SMA tersebut mempertanyakan komitmen dan janji kampanye pasangan Eri Cahyadi dan Armudji. Yakni, tentang pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu.

Keempat pelajar yang menemui Wawali itu adalah Achmad Fayiz Saadan dari SMK Dr Soetomo, Ardilla Aprillia (SMA Hang Tuah 1), Firman Sukma Bagus Lesmana (SMK Ketintang), dan Yunantan Hasis Kohar dari SMK YPPI.

Dalam pertemuan tersebut, Armudji memastikan pihaknya tidak lupa dengan janji kampanye dalam Pilwali 2020 lalu. Salah satu di antaranya pemberian beasiswa bagi siswa SMA/SMK. Khususnya, dari keluarga tidak mampu. “Walaupun sebetulnya SMA/SMK itu merupakan kewenangan pemerintah provinsi, tetap kami ikut memberima  perhatian,” ujar Armudji.

Pemkot Surabaya, lanjut Armudji, sudah menyiapkan beasiswa bagi siswa SMA/SMK. Nilainya mencapai Rp 47,7 miliar. Anggaran tersebut sudah diplot untuk 13.515 pelajar tingkat SMA/SMK yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) yang sudah disepakati bersama antara pemkot dan DPRD, proyeksi APBD 2022 mencapai Rp 10,163 triliun. Alokasi untuk bidang pendidikan 21,90 persen atau sekitar Rp 2 triliun lebih. Nah, dari anggaran tersebut kami plot Rp 47,7 miliar untuk beasiswa pelajar SMA/SMK dari keluarga MBR.

‘’Enteng lek sakmunu (ringan kalau hanya segitu, Red). Insya Allah beres,” ucap mantan ketua DPRD Surabaya itu.

Kekuatan anggaran tersebut tidak lepas dari kondisi perekonomian Kota Surabaya yang kini berangsur membaik. Armudji menegaskan, hal itu juga menjadi gambaran optimisme kepada pemerintah dalam penyusunan anggaran. ‘’Kami akan terus berupaya untuk dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. Tidak terkecuali di bidang pendidikan,’’ tegasnya.

Soal teknis pemberian beasiswa yang direncanakan tersebut, Armudji menyebut nanti dinas pendidikan akan memverifikasinya. ‘’Kalau adik-adik ini memang dari keluarga MBR, saya jamin pasti dapat. Ojo kuwatir. Pendidikan ini hak semua warga Kota Surabaya. Tidak boleh ada anak yang putus sekolah,” jelas politikus PDI Perjuangan itu.

Mendengar komitmen dan pernyataan tersebut, empat pelajar itupun manggut-manggut dan menyampaikan syukur atas perhatian pemkot. ‘’Terima kasih Pak,’’ ujar mereka sambil berpamitan ke Wawali.


Beri Beasiswa Rp 47,7 Miliar, Wawali Surabaya: Enteng Lek Sakmunu