DPRD Kalsel Optimistis Penerimaan Pajak Air Permukaan Rp 1 Triliun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

DPRD Kalsel Optimistis Penerimaan Pajak Air Permukaan Rp 1 Triliun


JawaPos.com–Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan optimistis penerimaan pajak air permukaan (PAP) bisa mendekati penerimaan yang diterima Sumatera Utara (Sumut) sebesar Rp 1 triliun per tahun.

Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel Imam Suprastowo mengatakan, kemungkinan sama atau minimal mendekati Sumut dalam hal penerimaan PAP. ”Kita memungkinkan saja bisa asalkan dengan meningkatkan intensifikasi serta pengawasan yang lebih ketat,” ujar Imam, anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

Komisi II terus menggenjot atau mendorong instansi terkait untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). ”Segala sumber daya yang potensial untuk peningkatan PAD terus kita berdayakan semaksimal mungkin pada musim pandemi Covid-19 dan ke depannya,” papar Imam.

Menurut dia, pada masa pandemi Covid-19 penerimaan PAD Kalsel mengalami penurunan. Ditambah lagi terjadi refocusing (pemotongan/pengalihan anggaran) di berbagai sektor pembangunan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kalsel Agus Dyan Nur menerangkan, potensi PAP di Sumut memang cukup besar. Sehingga wajar mereka mendapatkan Rp 1 triliun/tahun.

”Potensi air permukaan Sumut cukup luas, mungkin lebih luas dari Kalsel. Begitu pula pemanfaatan air permukaan di Sumut lebih banyak dari kita,” ujar Agus.

Namun dia bersama pihak terkait akan terus menggalakkan intensifikasi penerimaan PAP dengan berbagai cara sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Sebagai contoh pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) Kalsel 2021 terjadi perencanaan peningkatan PAP menjadi Rp 5 miliar.

”Sedangkan pada RAPBD Kalsel 2022 masih dalam pembahasan. Tapi kita berharap penerimaan PAP Kalsel meningkat lagi,” tutur Agus Dyan Nur.

Dalam rapat di DPRD Kalsel terungkap, dari 13 kabupaten/kota penerimaan PAP selama ini tertinggi Kabupaten Tabalong Rp 1 miliar lebih dan terendah Kota Banjarbaru.


DPRD Kalsel Optimistis Penerimaan Pajak Air Permukaan Rp 1 Triliun