Israel Lakukan Tes Covid-19 Lewat Air Liur, Hasilnya 45 Menit

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Israel Lakukan Tes Covid-19 Lewat Air Liur, Hasilnya 45 Menit


JawaPos.com – Kementerian Kesehatan Israel mengumumkan telah memulai tes Covid-19 PCR dengan menggunakan air liur. Dengan tes cara tersebut tak perlu lagi melakukan swab untuk mengambil spesimen.

Hasil tes secara waktu lebih cepat. Hasilnya bisa keluar dalam 45 menit, berbeda dengan standar tes PCR Kementerian Kesehatan berdasarkan sampel swab, yang memakan waktu hingga 24 jam. Tes ini juga dianggap lebih nyaman dibanding tes swab.

Pengujian masal ini mulai diperkenalkan di sekolah-sekolah Israel. Tes ini dikembangkan oleh Profesor Amos Danieli dari Fakultas Teknik Universitas Bar-Ilan dan dimulai di Rabin Square Tel Aviv pada minggu ini.

Tes dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Pertahanan Singapura. Skema percontohan dua minggu akan melibatkan peserta dari berbagai usia. Hal itu menyangkut kenyamanan, keamanan, dan validitas hasil. Setelah mengumpulkan sampel beberapa ratus peserta, keputusan akan dibuat apakah tes akan digunakan secara permanen atau tidak.

Israel mencatat kasus Covid-19 mulai menurun. Totalnya ada 475 pasien yang sakit parah di Israel. Dari jumlah tersebut, 235 dalam kondisi kritis dan 200 dalam kondisi ventilator. Jumlah pasien yang sakit parah telah turun drastis selama seminggu terakhir, dengan jumlah kasus serius mencapai 668 pada akhir September.

Penduduk Israel yang belum divaksinasi berjumlah sekitar 15 persen dari populasi. Pemerintah juga mencabut beberapa pembatasan virus Korona negara itu sebab gelombang infeksi terbaru terus menurun.

Bukti vaksinasi tidak lagi diperlukan di tempat-tempat wisata luar ruangan. Selain itu, memasuki perpustakaan dan mengunjungi museum akan diizinkan tanpa bukti vaksinasi. Mulai 11 Oktober 2021, bukti vaksinasi tidak lagi diperlukan di restoran outdoor dan kolam renang indoor.


Israel Lakukan Tes Covid-19 Lewat Air Liur, Hasilnya 45 Menit