Jatim Catat Angka Kematian Covid-19 Terendah Selama Pandemi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jatim Catat Angka Kematian Covid-19 Terendah Selama Pandemi


JawaPos.com–Pemprov Jawa Timur mencatat angka kematian terendah akibat virus korona (Covid-19) selama dua hari terakhir. Yakni sebanyak 7 kasus pada Jumat (8/10), disusul 8 kasus pada Sabtu (9/10).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, angka itu berdasar data Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim. ”Kasus kematian itu masih-masing satu orang berasal dari Kota Batu, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kabupaten Probolinggo, Jember, Malang, Ponorogo, dan Nganjuk,” kata Khofifah seperti dilansir dari Antara.

Sedangkan untuk 30 kabupaten/kota lainnya di Jatim, lanjut Khofifah, tercatat 0 kasus kematian Covid-19. ”Artinya sudah 78,95 persen daerah di Jatim terdapat nol kasus kematian,” ujar Khofifah.

Atas capaian itu, Khofifah bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas kerja keras, sinergi, doa, serta kolaborasi dari tenaga kesehatan, pemerintah kabupaten/ kota, forum koordinasi pimpinan daerah se-Jatim, serta seluruh elemen strategis masyarakat.

”Sebelumnya jumlah penambahan kasus kematian terendah tercatat sebanyak 10 hingga 15 orang. Alhamdulillah, dua hari terakhir tercatat di bawah 10 kasus dan merupakan kasus dengan jumlah penambahan kematian terendah selama pandemi,” ucap Khofifah.

Gubernur menjelaskan, terdapat beberapa hal yang membuat bertambah rendahnya angka kematian Covid-19 di Jatim. Salah satunya kemampuan respons yang memadai, seperti kapasitas penelusuran yang cukup, ditunjang jumlah testing hingga mencapai 170 ribu perpekan, serta positivity rate yang rendah mencapai 0,49 persen per pekan.

”Dampaknya, kasus terkonfirmasi positif bisa ditemukan lebih awal, sehingga isolasi bisa cepat dilakukan dan kemungkinan kasus-kasus menyebar pada orang berisiko tinggi bisa dihambat. Dengan demikian kematian bisa ditekan,” tutur Khofifah.

Meski demikian, Khofifah mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan, selain juga terus mengupayakan percepatan vaksinasi Covid-19. Kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk melindungi diri dan orang lain di sekeliling dari penularan Covid-19.

”Kita akan terus berikhtiar dan berdoa agar kondisi Covid-19 di Jatim semakin melandai dan terkendali,” ujar Khofifah.


Jatim Catat Angka Kematian Covid-19 Terendah Selama Pandemi