Polisi Tangkap Pencuri Ratusan Tablet di SMKN 5 Jember

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polisi Tangkap Pencuri Ratusan Tablet di SMKN 5 Jember


JawaPos.com–Tim Resmob Polsek Sukorambi bersama Resmob Kota 1 Polres Jember menangkap pelaku pencurian ratusan tablet di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kabupaten Jember, Jawa Timur.

”Saat di tempat kejadian perkara (TKP), polisi tidak menemukan kerusakan apa pun di sekitar lokasi kejadian, sehingga curiga ada orang dalam di SMKN 5 Jember yang melakukannya,” kata Kanit Reskrim Polsek Sukorambi Aipda Teguh Siswanto seperti dilansir dari Antara di Jember.

Menurut dia, polisi melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait hilangnya ratusan tablet yang disimpan di sekolah itu. Sebab, tidak ditemukan kerusakan apa pun.

”Akhirnya polisi bisa mengamankan barang bukti beserta pelaku yang diduga telah melakukan pencurian, bernama BY, 34, karyawan honorer SMK Negeri 5 Jember. Saat ini masih dalam penyelidikan lebih dalam,” ujar Teguh.

Berdasar hasil keterangan tersangka kepada penyidik, pelaku mengambil tablet tersebut secara bertahap sejak Januari hingga awal Oktober. Pelaku kemudian menjualnya untuk biaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

Kepala Tata Usaha SMKN 5 Jember Sutikno mengatakan, sekitar 378 tablet milik SMKN 5 Jember hilang. Padahal ratusan tablet itu merupakan bantuan untuk pembelajaran siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 2019.

”Awal itu saya curiga, tiba-tiba ada tumpukan dus tablet Advan menumpuk hingga 10 tumpukan. Padahal sebelumnya tablet itu disimpan di ruang brankas sekolah,” terang Sutikno.

Menurut dia, kemasan kardus tablet itu ditumpuk sampai 10 kardus. Padahal penumpukan yang terlalu banyak bisa menyebabkan rusaknya tumpukan yang paling bawah karena satu dus kotak berisi 10 unit.

”Saat saya cek, kardusnya kosong dan hanya tumpukan saja. Memang tablet itu belum dipakai karena siswa masih belajar dari rumah, namun ada beberapa yang dipinjam, tapi semua tercatat dengan baik,” ujar Sutikno.

Dia menjelaskan, satu dus berisi kurang lebih 10 tablet dan ada sekitar 80 dus di sekolah. Namun yang hilang tablet di dalamnya sekitar 30 kardus, sehingga total yang dicuri sekitar 378 tablet.

”Kami melaporkan kejadian tersebut kepada kepala sekolah dan kemudian diteruskan ke Polsek Sukorambi,” papar Sutikno.


Polisi Tangkap Pencuri Ratusan Tablet di SMKN 5 Jember