Salah Video Kecelakaan Mobil Karikaturis Nabi Muhammad

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Salah Video Kecelakaan Mobil Karikaturis Nabi Muhammad


KABAR meninggalnya kartunis Swedia Lars Vilks tak luput dari sasaran informasi palsu. Informasi yang berkaitan dengan pembuat karikatur Nabi Muhammad itu menyebar dengan disertai video kendaraan yang ringsek dan terbakar hebat.

”Mobil Karikaturis Si penghina Baginda NABI MUHAMMAD SAW. yang terBakar setelah bertabrakan dengan truck Container. Terjepit dan terpanggang hidup² selama berjam²,” tulis akun Facebook Nabila Tazkiya Z. pada 6 Oktober 2021.

Tidak sedikit netizen yang memercayai informasi itu. Posting-an tersebut disebar ulang hingga 409 kali. Salah satunya disebar oleh akun Heri Ely kemarin (12/10). ”Si Penghina Rosulullah mati terpanggang,” begitu tanggapannya (bit.ly/MobilVilks).

Video berdurasi lima menit itu memperlihatkan kendaraan sedan yang terbakar di bagian kap depan. Meski sempat dipadamkan dengan menggunakan APAR, api tetap berkobar. Hingga akhirnya api yang membakar mobil sedan itu juga melahap kendaraan kontainer di belakangnya.

Dari hasil penelusuran, kondisi kecelakaan kendaraan itu berbeda dengan kecelakaan yang menimpa Lars Vilks pada 3 Oktober di Kota Markaryd, Swedia. Misalnya, yang diberitakan Reuters. Pada kebakaran yang menimpa Lars Vilks, suasananya tampak gelap atau malam. Terlihat sejumlah petugas pemadam kebakaran tengah menangani kasus kecelakaan itu. Anda dapat melihat foto tersebut di bit.ly/SituasiLaka.

Sementara itu, video yang diunggah akun Nabila Tazkiya Z. ternyata identik dengan kejadian di Kota Izhevsk, ibu kota Republik Udmurt, Rusia. Jawa Pos menggunakan situs TinEye untuk menelusuri video tersebut. Portal itu juga mengunggah rekaman pada 23 September 2014.

Insiden kebakaran mobil itu terjadi akibat tabrakan antara truk trailer dan sedan VAZ 2107. Sedan tersebut berada tepat di bawah truk trailer dan kebakaran pun tak terelakkan. Saat mobil sedan diselimuti api, orang-orang berupaya memadamkannya dengan APAR, tapi tidak berhasil. Akibatnya, seorang pemuda 39 tahun meninggal dunia di dalam sedan tersebut. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di automotobike.ru di bit.ly/LakaRusia2014.

FAKTA

Kebakaran mobil sedan itu terjadi di jalan raya Kota Izhevsk, ibu kota Republik Udmurt, Rusia, pada September 2014. Video tersebut bukan kecelakaan kartunis asal Swedia pada Minggu, 3 Oktober 2021.


Salah Video Kecelakaan Mobil Karikaturis Nabi Muhammad