Seribu Pasukan TNI AL Ikut Amankan PON XX Papua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Seribu Pasukan TNI AL Ikut Amankan PON XX Papua


JawaPos.com – Hari ini (2/10) Presiden Joko Widodo akan membuka helatan PON XX Papua. TNI AL sebagai salah satu unsur yang mendukung pelaksanaan event olahraga skala nasional itu memastikan bahwa tidak kurang dari seribu personel Angkatan Laut ikut terlibat dalam tim pengamanan serta dukungan medis.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono telah memastikan pasukan yang berada di Papua menjalankan perannya dengan baik. Khusus pengamanan, Yudo menyebutkan bahwa pihaknya fokus di laut. “Tentunya karena kami Angkatan Laut, pengamanan kami fokuskan di laut,” ungkap dia kepada awak media di Jakarta.

Menurut Yudo pihaknya sudah menyiapkan sejumlah KRI untuk melaksanakan tugas pengamanan. Selain KRI dr. Soeharso-990, masih ada KRI lain yang juga diturunkan oleh TNI AL. “Ada KRI lainnya juga yang kombatan maupun helikopter,” tambah Yudo.

Pria yang pernah bertugas sebagai panglima Komando Armada (Koarmada) I itu menyatakan bahwa, KRI dr. Soeharso-990 bersiaga untuk membantu evakuasi medis. Kapal bantu rumah sakit itu memang dilengkapi fasilitas kesehatan yang memadai untuk kebutuhan darurat.

“Bisa digunakan untuk evakuasi medis, bisa digunakan juga untuk messing,” ujarnya. Karena itu, jauh sebelum PON XX Papua dibuka oleh presiden, kapal tersebut sudah bersandar di Papua untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan event itu.

Serupa dengan KRI dr. Soeharso-990, helikopter yang disiagakan oleh TNI AL juga bisa dipakai untuk membantu penyelenggaraan PON XX Papua. “Sehingga apabila sewaktu-waktu ada evakuasi medis, helikopter kami siap membantu,” ujar Yudo.

Secara keseluruhan, dia menyampaikan bahwa jumlah personel yang dikerahkan oleh TNI AL untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua sebanyak seribu orang. “Kurang lebih ada seribuan. Dari Lantamal X ada sekitar 600-an, belum lagi dari KRI dr. Soeharso-990, kemudian dari KRI kombatan lainnya,” jelas dia.

Khusus Papua, TNI AL juga mengerahkan 30 tenaga kesehatan dan 20 dokter. Mereka ditugaskan melaksanakan serbuan vaksinasi. Sebab target presentasi vaksinasi memang menjadi salah satu atensi sebelum PON XX Papua digelar.

Pemerintah harus memastikan 70 persen masyarakat di daerah tempat berlangsungnya PON XX Papua sudah divaksin. “Kami melakukan serbuan vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom,” ujar Yudo. Tidak sedikit peserta vaksinasi tersebut merupakan panitia PON XX Papua.


Seribu Pasukan TNI AL Ikut Amankan PON XX Papua