Sinergi Atasi Masalah Sampah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sinergi Atasi Masalah Sampah


JawaPos.com–Sampah masih menjadi persoalan di Kabupaten Sidoarjo. Hal itu menjadi problem bersama yang harus segera diatasi. Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali SIP mengungkapkan permasalahan tersebut saat meninjau normalisasi sungai sekunder Gedang Rowo di Desa Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Minggu (10/10).

Sampah yang memenuhi saluran irigasi itu pun dibersihkan. Petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBM­SDA) bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo mengangkut sampah. Jenisnya mulai enceng gondok hingga sampah rumah tangga.

Para camat diminta saling berkolaborasi dan berkoordinasi menuntaskan sampah di wilayah masingmasing. Solusinya, sungai di setiap batas wilayah desa diberi sekat penghambat sampah.

”Jalan solusinya adalah antardesa ada sekat untuk tahu bahwa sampah ini dari arah mereka. Sehingga sampah di sungai menjadi tanggung jawab setiap desa,” tutur Gus Muhdlor, sapaan Ahmad Muhdlor Ali.

Dia juga mendorong adanya tempat penampungan sementara di setiap desa. Tujuannya, menghindari masyarakat membuang sampah di sungai.

Plt Kepala Dinas DPUBM­SDA Ir Sigit Setyawan mengatakan, jaring sampah itu akan memisahkan sampah antardaerah dan memudahkan penga bilan. ”Artinya, sampah di sungai desa tersebut adalah dari warga desa yang bersangkutan,’’ ucap Sigit.

Langkah tersebut juga sejalan dengan program DPUBM­SDA dan arahan bupati untuk makin meningkatkan kinerja serta pembentukan satuan tugas peduli sungai. Dia berharap masyarakat makin peduli dan tidak membuang sampah ke sungai.

Sekretaris Desa Ketegan M. Abidul Mursyid menyampaikan, sampah di aliran Sungai Gedang Rowo itu kali kedua dikeruk. Setelah pengerukan pertama sudah bersih. Namun, kiriman sampah tidak dapat diantisipasi.

”Kami dari Pemdes (Pemerintah Desa) Ketegan sudah melakukan semaksimal mungkin untuk kebersihan lingkungan. Termasuk adanya TPST (tempat pengolahan sampah terpadu) dan sudah mempunyai peraturan desa tentang sampah,’’ ungkap Abidul Mursyid.


Sinergi Atasi Masalah Sampah