Tampilkan Foto Lapas di Malang, Bukan Rutan Mabes Polri

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tampilkan Foto Lapas di Malang, Bukan Rutan Mabes Polri


INFORMASI palsu tentang mantan pimpinan FPI Rizieq Syihab masih dijumpai di media sosial. Informasi itu beredar dengan menyertakan tangkapan layar dari posting-an Facebook. Menurut informasi tersebut, Rizieq mengubah suasana rutan menjadi pesantren.

”POLRI Akui Habib Rizieq buat Suasana Rutan Bareskrim Bak Pesantren.” Begitu keterangan dalam tangkapan gambar. Tidak sedikit yang memercayai informasi itu benar. Contohnya, akun Facebook Adi Muhadi. Unggahan serupa ditemukan di akun Bodi Sambung Nugroho tiga hari lalu.

”Emas walau pun di tempat yg tidak layak tetap menjadi emas yg mulia yg selalu memancarkan sinarnya yg kinclong.” Begitu tulis akun Adi Muhadi pada Selasa, 5 Oktober 2021 (bit.ly/RubahNuansaRutan).

Foto yang dijadikan objek utama dalam unggahan tersebut ternyata bukan di Rutan Mabes Polri. Berdasar penelusuran, tidak ada kaitan foto tersebut dengan Rizieq Syihab. Foto ratusan orang berpakaian putih di balik jeruji besi itu ada sejak 2017.

Lokasinya berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru, Malang. Foto tersebut digunakan portal berita Liputan 6 yang mengabarkan perubahan lapas selama mengikuti kegiatan rohani. Yang jelas, tidak menggambarkan Rizieq Syihab selama menjalani masa tahanan.

”Para santri Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Klas I Lowokwaru, Malang, Senin (5/6). Pondok pesantren itu didirikan sebagai upaya pembelajaran, kajian religius, serta upaya penyadaran bagi 400 santri yang merupakan narapidana.” Begitu keterangan foto tersebut. Anda dapat membacanya di bit.ly/FotoLapas2017.

Berita itu juga dikabarkan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada 5 Juli 2017. Saat itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly juga hadir di tengah-tengah petugas dan para santri Pondok Pesantren At Taubah di dalam Lapas Kelas I Lowokwaru, Malang. Anda dapat melihatnya di bit.ly/KunjunganYasonna.

Dua fakta tersebut mempertegas bahwa foto yang diklaim nuansa Rutan Mabes Polri itu menyesatkan. Sebab, merujuk pada aktivitas yang terlaksana jauh sebelum menjalani masa tahanan 2021.

Penelusuran lainnya, tangkapan layar pada akun Adi Muhadi itu merujuk pada video di kanal YouTube KajianOnline yang tayang enam bulan lalu. Video itu memperlihatkan potongan-potongan foto disertai pembacaan ulasan berita dari Sindonews pada 11 Maret 2021. Pada salah satu potongan video itu ada foto yang memperlihatkan suasana di Lapas Lowokwaru tersebut.

Kesan nuansa rutan berubah bak pesantren itu disampaikan Aziz Yanuar, kuasa hukum Rizieq Syihab. Tak ada penjelasan resmi dari Polri yang menyebut bahwa rutan berubah menjadi nuansa pesantren. Selengkapnya Anda dapat membacanya di bit.ly/OlehKuasaHukum.

FAKTA

Cuplikan foto Pondok Pesantren At Taubah di dalam Lapas Kelas I Lowokwaru, Malang, pada Juni 2017. Tidak ada kaitan dengan Rizieq Syihab yang menjalani hukuman di Rutan Mabes Polri.


Tampilkan Foto Lapas di Malang, Bukan Rutan Mabes Polri