Anak Mulai Masuk Sekolah di Masa Pandemi, Kuatkan Imun dengan Omega-3

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Anak Mulai Masuk Sekolah di Masa Pandemi, Kuatkan Imun dengan Omega-3


JawaPos.com – Sejumlah sekolah di zona hijau mulai dibuka kembali di masa pandemi Covid-19. Anak-anak mulai kembali ke sekolah. Meski begitu, virus yang masih tetap ada dengan kasus harian yang terus meningkat, membuat orang tua cemas. Anak-anak harus dibekali dengan imun yang kuat.

Berdasarkan data dari Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) persentase anak usia 6 hingga 17 tahun yang terdampak Covid-19 sebanyak 5,6 persen dari seluruh pasien positif. Kemudian, persentase anak usia 0-5 tahun yang terdampak Covid-19 sebesar 2,3 persen dari keseluruhan pasien positif Covid-19.

Praktisi Kesehatan dan Tim Dokter dari Jovee, dr. Irma Lidia menilai, diperlukan langkah-langkah khusus untuk menjaga kesehatan anak-anak, salah satunya adalah dengan memenuhi aspek kebutuhan multivitamin, mineral, dan Omega 3 yang diperlukan oleh tubuh. Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA bisa meningkatkan imun, menjaga konsentrasi dan meningkatkan performa belajar.

“Orang tua perlu memperhatikan asupan multivitamin dan mineral untuk anak-anak di antaranya vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh seperti vitamin B, dan C. Selama anak-anak di rumah, kegiatan belajar mengajar juga masih dijalankan sehingga asupan Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA tak luput diberikan kepada anak-anak, karena di Indonesia sendiri konsumsi asam lemak esensial masih di bawah standar,” kata Irma.

Berdasarkan laporan dari British Journal of Nutrition, konsumsi asam lemak esensial (Esential Fatty Acids) anak Indonesia usia 4 sampai 12 tahun masih kurang dari standar World Health Organization (WHO). Padahal, asupan tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak serta membantu meningkatkan imunitas.

“Masih kurangnya asupan multivitamin, mineral, dan Omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak, padahal asupan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan di tengah kondisi pandemi saat ini,” katanya.

Menurutnya, untuk menghadapi era new normal, tentunya sangat penting memperhatikan dan menjaga sistem imun apalagi untuk anak-anak yang rentan terkena paparan virus. Tidak hanya itu, Omega-3 akan menunjang kesehatan otak dan saraf anak-anak agar terhindar dari paparan radikal bebas, serta bantu menjaga pembentukan dan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan performa belajar pada anak.

“Untuk mendapatkan asupan tersebut yang perlu diperhatikan adalah asupan Omega 3 dari minyak ikan yang baik, terdiri dari EPA dan DHA,” tutupnya.


Anak Mulai Masuk Sekolah di Masa Pandemi, Kuatkan Imun dengan Omega-3