Mencontoh Hongkong, Hanya 2 Kasus dalam Tiga Minggu, Total Kematian 7

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mencontoh Hongkong, Hanya 2 Kasus dalam Tiga Minggu, Total Kematian 7


JawaPos.com – Sebagai wilayah yang berdekatan langsung dengan Tiongkok, kerja keras Hongkong dalam mengatasi wabah Covid-19 layak menjadi contoh. Bahkan, Hongkong nyaris terbebas dari wabah setelah dalam tiga minggu berturut-turut tak ada kasus Covid-19.

Pada Sabtu (4/7), ditemukan 2 kasus baru di Hongkong. Hal ini seperti dilaporkan oleh Radio Televisi Hongkong (RTHK). Hanya saja, dua kasus dalam tiga minggu jelas menunjukkan kerja keras yang berhasil dalam menekan wabah. Terlebih, angka kematian total hanya 7 orang. Sedangkan jumlah kasus positif tercatat hanya 1.269 orang.

Kasus baru itu salah satunya seorang pria berusia 59 tahun. Namun, dia dalam kondisi stabil di Rumah Sakit Princess Margaret setelah dites positif terkena virus Korona. Hasil pemeriksaan kedua untuk mengkonfirmasi infeksi belum diumumkan.

Kasus yang ditransmisikan secara lokal terakhir di Hongkong sebelumnya dilaporkan pada 12 Juni. Kasus baru lainnya yang diduga ditularkan secara lokal adalah seorang perawat yang bekerja di sebuah klinik di Cheung Sha Wan, ungkap sumber yang dikutip RTHK.

Dilansir dari Straits Times, Senin (6/7), Hongkong tetap melonggarkan langkah-langkah sosial jarak jauh pada pertengahan Juni dan memungkinkan pertemuan publik hanya 50 orang.

Akibat Covid-19, kedatangan pengunjung ke Hongkong turun 99,9 persen pada Mei menjadi 8.139. Ini karena kebijakan kontrol perbatasan. Meski begitu, Hongkong berhasil menjaga kasus Covid-19 sebanyak 1.269 kasus dan hanya 7 kematian.

Sebagian besar penduduk terus disiplin mengenakan masker di tempat publik, bahkan ketika kehidupan perlahan kembali normal. Kota tetangga Makau juga mengurangi pembatasan sosial. Di bawah aturan baru, penduduk Makau dengan pengecualian akan diizinkan untuk mengunjungi sembilan kota di Greater Bay Area Tiongkok, termasuk Guangzhou dan Shenzhen.

Saksikan video menarik berikut ini:


Mencontoh Hongkong, Hanya 2 Kasus dalam Tiga Minggu, Total Kematian 7