Proses Naturalisasi Pemain Timnas Masih Nyangkut di Kemenkum HAM

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Proses Naturalisasi Pemain Timnas Masih Nyangkut di Kemenkum HAM


JawaPos.com – Proses naturalisasi dua pemain basket berkebangsaan Amerika Serikat (AS), Brandon Jawato dan Lester Prosper, menemui kendala.

Padahal, hanya tinggal selangkah lagi mereka resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Saat ini proses mereka masih nyangkut di Kemenkum HAM.

Manajer Timnas Basket Indonesia Fareza Tamrella mengatakan, ada jadwal untuk rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR pada Juni lalu. Selain Jawato dan Prosper, ada pemain lain yang mengikuti proses yang sama. Yakni, Kimberly Pierre-Louise (timnas basket putri) dan Marc Klok (sepak bola).

Masalahnya, untuk RDP, para pemain itu harus hadir. ’’Yang ada di Indonesia hanya Brandon dan Marc. Awalnya kami pikir proses (RDP) mereka bisa dipisah. Ternyata harus hadir bersamaan semuanya,’’ papar pria yang akrab disapa Mocha itu.

Saat ini Prosper masih berada di Miami, AS. Dia mengalami kendala untuk bisa keluar dari negara tersebut karena pandemi Covid-19. Karena itu, RDP pun harus ditunda.

Mocha memperkirakan, RDP baru bisa dilaksanakan setelah 17 Agustus mendatang. Itu pun belum pasti. Sebab, tidak ada yang tahu kebijakan tiap negara. Bisa berubah sewaktu-waktu bergantung tingkat kegawatan pandemi di negara tersebut.

’’Sangat disayangkan sih (rapatnya) tidak bisa via Zoom,’’ ujar Mocha. ’’Kami akan mencoba negosiasi dengan pihak Kemenkum HAM supaya bisa dilaksanakan via Zoom. Kalau itu bisa, saat Lester bisa datang ke sini, tinggal membuat paspor saja,’’ tambah dia.

Setelah RDP, langkah yang harus mereka jalani tinggal pengesahan. Dilanjutkan dengan membuat paspor. Proses naturalisasi itu menjadi bagian penting untuk timnas basket. Sebab, mereka sedang berjuang untuk lolos dari babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Window kedua bakal digelar pada November.

’’Kami tetap intens berkomunikasi dengan Lester. Terus kami pantau perkembangan dia agar bisa segera ke Indonesia. Kalau sudah oke, kami akan segera fasilitasi. Hanya saja masih belum diizinkan dari sananya,’’ sesal Mocha.


Proses Naturalisasi Pemain Timnas Masih Nyangkut di Kemenkum HAM