Kelompok UMKM Wonokusumo Surabaya Dibekali Pelatihan Digitalisasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kelompok UMKM Wonokusumo Surabaya Dibekali Pelatihan Digitalisasi


JawaPos.com–Kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Rukun Warga (RW) 06, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, Surabaya, mendapat pelatihan digitalisasi dari para mahasiswa Institut Teknologi Telekomunikasi (IT Telkom) Surabaya.

Amyanti, salah satu pelaku UMKM Wonokusumo Surabaya, menyatakan pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk diterapkan pada masa sulit pandemi virus korona (Covid-19). Dengan begitu, pelaku UMKM bisa berjualan secara daring.

”Semenjak pandemi, hasil penjualan berkurang karena tidak ada pameran UMKM dari pemerintah. Jadi selama ini, saya menjual dengan cara dititip-titipkan ke sejumlah kenalan tapi lakunya sedikit. Waktu itu belum tahu caranya berjualan daring,” terang Amyanti seperti dilansir dari Antara.

Pada 24 September, Amyanti bersama rekan-rekannya sesama pelaku UMKM di wilayah RW 06 Wonokusumo, Surabaya, kedatangan mahasiswa dari program studi Teknik Industri dan Digital Bisnis IT Telkom Surabaya. Mereka menggelar program pengabdian masyarakat.

”Program pengabdian masyarakat yang kami lakukan kali ini fokus untuk memberdayakan UMKM di tengah kondisi pandemi,” kata Ketua Program Pengabdian Masyarakat IT Telkom Surabaya Dominggo Bayu Baskara.

Sejumlah pelatihan yang diberikan di antaranya metode rebranding, desain logo dalam bentuk stiker untuk kemasan produk, dan implementasi e-marketing dengan memanfaatkan penjualan melalui e-commerce dan media sosial. ”Kami juga memberikan sosialisasi kepada pemilik UMKM untuk memilih kemasan produk yang ramah lingkungan,” ujar Dominggo Bayu Baskara.

Intinya, lanjut Bayu, program pengabdian masyarakat itu fokus pada digitalisasi pemasaran produk UMKM. Mulai dari cara mengelola akun sosial media untuk berbisnis, mengelola konten yang baik, membuat foto produk, mendaftar di e-commerce, hingga pembuatan iklan di e-commerce.

”Program ini sangat mendukung pemasaran pada kondisi pandemi seperti ini. Sehingga, produk mereka tetap dapat dikenal khalayak tanpa harus membuka lapak secara konvensional,” kata Dominggo Bayu Baskara.


Kelompok UMKM Wonokusumo Surabaya Dibekali Pelatihan Digitalisasi