Target PDIP Menang Pilkada 2020 Minimal 60 Persen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Target PDIP Menang Pilkada 2020 Minimal 60 Persen


JawaPos.com – Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan DPP PDIP sebagai bakal calon wali kota-wakil wali kota Solo kemarin. Penetapan tersebut bersamaan dengan pemberian rekomendasi untuk 44 pasangan calon (paslon) kepala daerah lain

Pengumuman rekomendasi tahap kedua dilakukan melalui telekonferensi. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berada di kediamannya di Jakarta. Sedangkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama sejumlah pengurus DPP berada di markas partai banteng di Jalan Diponegoro. Sementara itu, para paslon yang mendapat rekomendasi mengikuti telekonferensi dari daerah masing-masing.

Megawati menyatakan, para paslon yang sudah mendapatkan rekomendasi harus mengikuti sekolah partai. Proses pendidikan calon kepala daerah itu akan dilakukan secara online. Dengan sekolah partai, dia berharap akan lahir pemimpin yang mumpuni dan mengayomi rakyat.

Rekomendasi, terang Megawati, baru tahap awal. Pertarungan sebenarnya akan berlangsung pada Desember mendatang. Dia menginstruksi para paslon bergerak cepat, turun ke bawah untuk mendapat simpati masyarakat.

Sementara itu, Gibran menyampaikan terima kasih kepada Megawati atas rekomendasi yang diberikan kepadanya. ”Rekomendasi ini suatu kehormatan dan tanggung jawab untuk memenangi kontestasi pilkada,” ucapnya.

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut mengajak semua kader melakukan konsolidasi demi kemenangan PDIP agar bisa kembali mendudukkan kader terbaiknya di kursi wali kota Solo. Menurut Gibran, pilkada bukan hanya proses demokrasi, tapi juga wujud gotong royong untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, dalam menghadapi pilkada serentak, pihaknya akan menggunakan strategi gotong royong. Untuk detail strateginya, kata dia, tentu hal itu menjadi rahasia partai. ”Yang jelas, strategi berdasar semangat gotong royong itulah yang kami kedepankan,” ucap dia.

Sementara itu, di Jawa Tengah, lima paslon kepala daerah dari PDIP berkumpul di Panti Marhaen Semarang untuk mendengarkan pengumuman rekomendasi. Setelah proses pemberian rekomendasi selesai, acara yang dimulai pukul 14.15 tersebut resmi ditutup oleh Megawati sekitar pukul 15.20. Para calon kepala daerah yang telah menerima rekomendasi langsung meninggalkan lokasi acara.

Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto menuturkan, setelah lima rekomendasi itu, DPP PDIP akan mengumumkan kembali rekomendasi untuk empat daerah pemilihan yang tersisa. Yakni, Kabupaten Rembang, Kota Magelang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Kendal. ’’Untuk empat daerah ini belum selesai verifikasinya. Jadi, masih ada gelombang ketiga. Cuma untuk waktunya nanti kita beri tahukan lebih lanjut,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ketika ditanya mengenai target kemenangan PDIP di Jateng, pihaknya mengaku tetap sama dengan yang diungkapkan Megawati pada rekomendasi tahap pertama lalu. Yakni, sebesar 60 persen. Artinya, jika terdapat 21 daerah yang mengadakan pilkada serentak tahun ini, PDIP menargetkan meraih kemenangan di 15 daerah. ’’Termasuk yang lima kita umumkan tadi masuk dalam target yang meraih kemenangan,’’ tuturnya.

Gibran Sowan ke Ganjar

Sesaat sebelum menerima rekomendasi di kantor DPD PDIP Jateng, Gibran dan Teguh berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pukul 12.35. Mereka lantas melaksanakan salat Jumat bersama. Ditanya tujuan kunjungan ke gubernur, Gibran mengatakan tidak ada maksud khusus. ’’Hanya mampir. Untuk salat Jumat dan makan siang dengan Pak Ganjar,’’ ujarnya.

Ketika hendak pamit, Ganjar memberikan kaus berwarna hitam bertulisan Kitorang Basodara Kecuali dengan Corona. Ganjar membenarkan bahwa Gibran hanya mampir dan ngobrol sebentar. Meski begitu, Ganjar sempat memberikan wejangan. Dia berpesan agar Gibran terus meningkatkan soliditas partai. ’’Dengan dinamika Solo yang luar biasa, soliditas partai hari ini nomor satu. Itu yang paling penting,’’ katanya.

Sebelum bertolak ke kantor DPD PDIP Jateng di Semarang, Gibran mampir ke kantor DPC PDIP Solo pukul 10.40. Di sana Teguh Prakosa lebih dulu tiba pukul 10.10. Setelah berbincang sejenak, keduanya kompak berada dalam satu mobil Pajero putih menuju Semarang. Gibran mengaku langsung ada chemistry dengan calon wakilnya. ’’Saya sangat bersyukur. Saat dapat undangan, langsung sudah kelihatan chemistry-nya. Pokoknya setelah ini saya dan Pak Teguh akan berkomunikasi intensif dengan jajaran PDIP,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo.


Target PDIP Menang Pilkada 2020 Minimal 60 Persen