Dompet Dhuafa Pastikan Peternak Yang Tangani Hewan Kurban Sehat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dompet Dhuafa Pastikan Peternak Yang Tangani Hewan Kurban Sehat


JawaPos.com – Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Dalam waktu dekat umat Muslim akan merayakan Idul Adha 1441 H.

Idul Adha selalu disertai dengan ibadah kurban. Untuk itu, Dompet Dhuafa (DD) berikhtiar membagikan hewan kurban. Menjelang hari kurban tersebut, Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa memastikan kondisi hewan dan peternaknya dalam kondisi sehat. Hal itu sejalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk hewan berupa kambing, domba dan sapi.

“Sejak pertama kali THK diluncurkan pada 1994, perhatian kami adalah selalau bagaimana memberikan kesejahteraan terbesar kepada peternak. Hari ini kami memeriksa kesehatan peternak mitra Dompet Dhuafa, demi menjaga kelancaran ibadah kurban tahun ini,” terang Ketua Progam THK Dompet Dhuafa 2020 Zainal Abidin Sidiq di Jakarta, Rabu (15/7).

Sejak Rabu (8/7), semua mitra peternak Dompet Dhuafa yang berperan dalam THK mendapatkan layanan test rapid. Bukan hanya langkah preventif menekan angka penyebaran virus covid-19, Dompet Dhuafa juga ingin memastikan kelancaran ibadah kurban tahun ini berjalan lancar tanpa kekhawatiran terhadap penyebaran virus.

Dalam pelaksanaan nanti, Tim THK Dompet Dhuafa bakal menghindari kerumunan orang sesuai dengan protokol kesehatan. Sehingga, daging dibagikan dari rumah ke rumah penerima manfaat. Daging kurban yang dibagikan kepada penerima menggunakan daun jati, daun pisang, maupun besek.

Zainal Abidin melanjutkan, sekalipun belum ada riset yang membuktikan bahwa adanya transmisi virus korona antara manusia ke hewan ternak, namun Dompet Dhuafa ingin memastikan bahwa semua pelaksana kurban dalam kondisi prima. Semua itu demi kelancaran THK yang tahun lalu berhasil mendistribusikan puluhan ribu hewan kurban ke berbagai wilayah di Indonesia.

Petugas kesehatan memeriksa kesehatan mitra peternak Dompet Dhuafa. (Istimewa)

“Memang belum ada riset ilmiah yang membuktikan adanya transmisi virus ini (Covid-19) dari manusia ke hewan, namun kami ingin memastikan bahwa seluruh pelaksana penyembelihan di progam THK ini akan menjalani test Covid-19 secara keseluruhan,” kataa Zainal.

Untuk menghindarai transmisi dan menjaga kelancaran ibadah kurban, Zainal mengajak masyarakat untuk memastikan bahwa penyembelihan kurban diserahkan ke Dompet Dhuafa.

Berkurban dengan Dompet Dhuafa bisa memanfaatkan beragam moda transaksi. Membeli hewan kurban tanpa harus meninggalkan rumah. “Biarkan kami saja yang mengurus kurban anda,” tutup Zainal. Caranya dengan transaksi kurban secara online. Dalam upaya memudahkan masyarakat berkurban di tengah pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa meluncurkan layanan Chat Pay atau WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking.

Mitra peternak Dompet Dhuafa memeriksa hewan kurban yang akan disalurkan pada Idul Adha nanti. (Istimewa)

Langkah itu sebagai ikhtiar menekan angka penyebaran covid-19. Begitu juga dengan pendistribusiannya, daging kurban diserahkan kepada penerima manfaat dengan cara diantarkan ke rumah masing-masing.

Tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan untuk bisa membagikan daging kurban di seluruh penjuru negeri sebanyak 30.000 hewan kurban setara kambing.


Dompet Dhuafa Pastikan Peternak Yang Tangani Hewan Kurban Sehat